Tahap produksi animasi 2D berbasis vector

animsi 2D vektor

Dalam membuat setiap karya animasi, pasti di butuhkan sebuah perencanaan alur kerja yang akan membantu proses produksi animasi anda menjadi lebih sistematis dan terarah.

Langkah dan tahap yang harus di tempuh adalah di mulai dari naskah, storyboard, desain karakter, dan animatic, tracing, puppet/rigging/bone, gambar kunci (pose), inbetweening, Background, serta suara efek & musik dalam membuat produksi dari sebuah animasi 2D berbasis vector.

Pada artikel ini kita akan membahas langkah dan tahap pada produksi animasi 2D berbasis vector, simak baik-baik ya temen-temen.

Baca juga : PROSES PRODUKSI DALAM PEMBUATAN ANIMASI

Berikut adalah tahap produksi animasi 2D berbasis vector

  • Naskah

Naskah dapat di sebut juga sebagai sekenario atau script, adalah sebuah tulisan yang di dalamnya terdapat jalan cerita, adegan, dialog, suara, deskripsi lokasi, dan semua informasi yang di perlukan illustrator dan animator dalam pembuatan animasi.

  • Desain karakter

Tahap ini adalah pembuatan karakter yang berdasarkan naskah cerita, kepribadian karakter, gaya karakter, dan sosok karakter yang sesuai dengan naskah cerita.

  • Storyboard

Visualisasi dari seluruh scene dan adegan yang ada pada naskah serta denganĀ  layout background, pose karakter, dan animatic.

Kunjungi : Jasa Video Promosi Dan Digital Markering

  • Animatic

Animatic merupakan draft film pada tahap awal projek yang berguna untuk membantu animator dan editor untuk mendapatkan sebuah timing dan menghindari kesalahan-kesalahan pada tahap akhir produksi.

  • Tracing

Menggambar ulang karakter secara digial menggunakan aplikasi untuk menentukan tampilan akhir dan gaya karakter, contohnya seperti baju dan aksesoris pada setiap karakter.

  • Puppet/Rigging/Bone

Pembuatan struktur tulang untuk melakukan perubahan betuk, posisi, arah pada setiap bagian karakter agar karakter terlihat seperti wayang (puppet).

  • Gambar kunci (pose)

Yang di lakukan dalama tahap ini adalah pembuatan gambar gestur awal karakter dan gestur akhir karakter dalam membuat gerakan animasi.

  • Inbetwenning

Tahap pembuatan gambar gestur karakter diantara pose awal dan akhir untuk mendapatkan ilusi gerakan yang lebih halus dan natural.

  • Background (gambar latar)

Buatlah background yang sesuai dengan naskah cerita dan adegan, agar setiap penonton bisa terbawa emosionalnya terhadap film animasi tersebut.

  • Musik dan efek suara

Tahap di gunakan untuk melegkapi animasi agar menciptakan kesan yang mendramatisir, memperkuat cerita, serta mengendalikan emosional para penonton.

Kunjungi : Jasa Pembuatan Video Animasi

Nah, gimana temen-temen sudah tau kan tahap dan langkahnya. Tinggal anda mengkreasikannya dengan kreativitas yang anda miliki, komposisikan dengan baik dan benar agar penonton yang melihat lebih terbawa emosionalnya.

Ulasan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *