Inilah perbedaan animasi 2D dan 3D

Kemunculan animasi, membuat banyak keuntungan bagi setiap elemen masyarakat. Karena semakin berkembangnya teknologi, dunia animasi pun semakin maju dan memberi kemanfaatan.

Film-film animasi yang dahulu masih menggunakan 2D, sekarang hampir semua layar lebar sudah menggunakan 3D. Meskipun satu jenis dengan animasi, banyak perbedaan antara animasi 2D dan 3D.

Animasi 2D (dua dimensi) adalah sebuah gambar atau karakter dua dimensi yang di gerakan secara cepat dan berurutan untuk menghasilkan objek visual dan terlihat hidup. Sedangakan animasi 3D (tiga dimensi) merupakan sebuah objek yang di gerakan di dalam ruang digital 3 dimensi yang mengasilkan karakter terlihat lebih nyata.

Untuk menambah wawasan temen-temen semua, kita akan membahas apa sih perbedaan animasi 2D dan 3D?? mari simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga : MANFAAT DAN KEGUNAAN ANIMASI

Berikut ialah perbedaan animasi 2D dan 3D

  • Proses Produksi

Objek atau karakter di dalam animasi 2D, dibuat dengan cara digambar pada sebuah permukaan bidang datar. Setiap gerakan karakter yang di gambar dengan tangan harus di buat per frame. Teknologi yang berkembang memungkinkan animator 2D  memanfaatkan software untuk membuat animasi. Namun, adegan pertama dalam sebuah animasi haruslah dibuat dengan tangan dan software nantinya akan menghasilkan sisa urutan gerak secara otomatis.

Sementara itu, seluruh animasi 3D yang dibuat haruslah menggunakan software di komputer. Dan seorang animator 3D harus memahami program-program komputer serta setiap fitur yang berada didalam software tersebut. Skill menggambar dan penguasaan teknologi harus di kuasai oleh setiap animator 3D.

Kunjungi : Jasa Video Animasi

  • Tampilan

Dari segi tampilan, animasi 2D memiliki tampilan yang cenderung terlihat seperti gambar datar saja, namun terlihat hidup. Sedangkan animasi 3D terlihat lebih hidup dan nyata.

  • Karakter

Karakter dari animasi 2D terlihat polos, bergerak ke atas, kiri, kanan, dan bawah, serta tidak bervolume. Sedangakan animasi 3D terlihat bervolume dan dapat bergerak ke berbagai arah.

  • Hasil Akhir

Setiap karakter dan objek yang terlihat dalam animasi 2D hanya terdiri dari pendek, panjang, tinggi dan lebar, yaitu koordinat X (dimensi horizontal) dan Y (dimensi vertikal). Gambar yang dihasilkan pun kurang terlihat realistis atau terlalu nyata. Selain warna yang kurang bervariasi, Objek dan karakter animasi 2D biasanya digambar tanpa bayangan.

Baca Juga : Peran dan manfaat animasi dalam dunia bisnis

Visual yang di tampilakan oleh Animasi 3D terlihat lebih nyata atau realistis, karena terdiri atas koordinat X, Y, dan Z.

Nah, itulah penjelasan mengenai perbedaan animasi 2D dan 3D. Anda dapat melihat perbedaan dan perbandingannya dalam kartun seperti Tom & Jerry  dan Spongebob Squarepants dengan film-film yang di produksi oleh Pixar seperti frozen atau Toy Story. Lihatlah dengan jelas perbedaan dari keduanya.

Ulasan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *